Senin, 10 Mei 2010

SISTEM OPERASI DAN BASIS DATA


SISTEM OPERASI
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Macam-macam system operasi antara lain :
1. WINDOWS
Windows merupakan sistem operasi buatan microsoft milik Bill Gates.
Tahun 1983 Microsoft mengumumkan pengembangan sebuah antarmuka grafis untuk sistem operasi buatannya

2. LINUX
Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.

3. MAC
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

4. ANDROID
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan kemudian dibeli oleh Google, dan akhir-akhir ini oleh Open Handset Alliance.

5. PALM
Sistem operasi yang menggunakan tulisan graffiti sebagai metode input tulisan tangannya . sistem Palm tidak ada tempat bagi keyboard, dan hanya menggunakan pemasukkan data menggunakan pena (stylus) pada tempat khusus yang berfungsi sebagai tempat tulis

6. SYMBIAN
Sistem operasi yang telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API).

DATABASE
Basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Jenis-jenis basisdata antara lain :
 ACCESS
Sebuah program aplikasi basi data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.

 SQL
Sebuah bahasa yang digunakan untuk me-request informasi dari basis data; bahasa ini sudah disediakan oleh DBMS. Konstruksi SQL terbentuk atas kombinasi relational-algebra dan relational-calculus.

 MY SQL
Sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL(database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia .

 ORACLE
Sebuah sistem basis data yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan mampu menangani data dalam skala besar serta mendukung sistem basis data yang terdistribusi. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan Oracle untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

Tidak ada komentar: