Senin, 17 Mei 2010

PENGAMANAN JARINGAN KOMPUTER DAN PENGAMANAN DATA

Pengamanan computer dibagi menjadi 2, yaitu:
1. pengamanan jaringan.
2. pengamanan data

Pengamanan jaringan dapat dilakukan dengan:
a. menggunakan firewall internet
firewall merupaka alat untuk mengimplementasikan kebijkan security yang dibuat berdasarkan perimbangan antara fasilitas yang disediakan dengan implikasi securitynya.
b. memperbaharui sistem operasinya
kelalaian dalam menangani sistemoperasi dapat membahayakan kom,peter anda. Sistem operasai harus di[erbaharui secara berkala dengan meng-updatenya.
c. mencegah spyware, adware dan spam
cegah komputer anda mendownload sumber-sumber situs yang kurang terpercatya karena dapat dimungkinkan memiliki virus yang dapat merusak komputer anda.
d. kriptografi yaitu suatu cara menjaga data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa ada pihak ketiga.


Pengamanan data komputer dapat dilakukan dengan 3 metode, yaitu:
1. attribute keying : mengamankan file agar tidak bisa diserang oleh orang laindengan cara penguncian terhadap attribut sebuah file data.
2. commpress keying : mengecilkan ukuran file atau folder kedalam sebuah kompresster dengan memberikan passaword saat membukla atau menutupnya, jadi hanya pembuat yang bosa menggunakannya.
3. enkripsi : suatu teknik merubah isi daata file dengan bentuk rahasia sehingga oerang lain tidak bisa membaca file tersebut.

Tidak ada komentar: