Rabu, 03 Februari 2010

RESUME MATERI PTIK 1

Pertemuan 1 : Senin, 1 Pebruari 2010

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan Teknologi Informasi, yang dimulai dari pertama kali ditemukannya komputer hingga saat ini. Keempat era tersebut (Cash et.al., 1992) terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern.
1.ERA KOMPUTERISASI
Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an ketika mini computer dan mainframe diperkenalkan perusahaan seperti IBM ke dunia industri
Pemakaian komputer di masa ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi kerja
Keperluan organisasi yang paling banyak menyita waktu komputer pada saat itu adalah untuk administrasi back office, terutama yang berhubungan dengan akuntansi dan keuangan.
Kemampuan mainframe untuk melakukan perhitungan rumit dimanfaatkan perusahaan untuk membantu menyelesaikan problem-problem teknis operasional, seperti simulasi-simulasi perhitungan pada industri pertambangan dan manufaktur.

2.ERA TEKNOLOGI INFORMASI
Di awal tahun 1970-an, teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer
Kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi, namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif
Tidak seperti halnya pada era komputerisasi dimana komputer hanya menjadi milik pribadi Divisi EDP (Electronic Data Processing) perusahaan, di era kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data processing (end-user computing)
Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa.

3.ERA MANAJEMEN PERUBAHAN
Teori-teori manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun 1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah mengenai manajemen perubahan (change management)
Hampir di semua kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menang dalam persaingan bisnis
Pada era ini yang lebih ditekankan adalah sistem informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut
Di era tahun 1980-an sampai dengan awal tahun 1990-an banyak sekali perusahaan yang melakukan BPR (Business Process Reengineering), re-strukturisasi, implementasi ISO-9000, implementasi TQM, instalasi dan pemakaian sistem informasi korporat (SAP, Oracle, BAAN), dan lain sebagainya.

4.ERA GLOBALISASI INFORMASI
Awal tahun 1990-an Internet mulai diperkenalkan ke dunia Industri
Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat
Tidak ada negara yang mampu untuk mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer
Melalui virtual world of computer, seseorang dapat mencari pelanggan di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet.
Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyberspace melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money
Dengan mencermati keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baru akan teknologi informasi yang cocok untuk perusahaan, yaitu teknologi yang mampu adaptif terhadap perubahan.
http://blog.persimpangan.com/blog/2007/08/14/sejarah-perkembangan-komputer/
http://artikelekoindrajit.blogster.com/era_perkembangan_teknologi


Perubahan Poleksosbudhankam Akibat Perubahan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi mengubah peradapan manusia. TIK memepermudah kehidupan manusia. TIK memeperluas jaringan komunikasi dan informasi di dunia. Dari ujung barat sampai ujung timur telah dihubungankan oleh teknologi informasi dan komunikasi. TIK menjadi kebutuhan vital maasyarakat. jarak yang jauh bukanlah suatu halangan.
Dibidang politk, dengan TIK setiap orang bisa mengeluarkan aspirasinya. Partai-partai politik dapat mengkampanyekan pemikiran mereka melalui TIK.
Perkembangn TIK juga mempengaruhi ekonomi masyarakat. Perdagangan menjadi lebih luas. Mobilisasi barang dan jasa lebih mudah.
Dibidang sosial, setiap orang dapat menjalin komunikasi dengan orang lain di seluruh dunia dengan TIK. Berita-berita atau informasi dapat diperoleh melaui TIK.
TIK dapat mempromosikan budaya suatu masyarakat. Informasi tentang kebudayaan dapat dengan mudah diketahui. kebudayaan masyarakat dapat berkembang melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Perkembangan TIK membwa perubahan terhadap sistem pertahanan dan ketahanan negara. Alat-alat yang canggih telah tercipta untuk memperkuat pertahanan dan ketahanan negara.
Perkembangan TIK harus diikuti agar tidak ketinggalan zaman. Untuk itu TIK dimasukkan dalam kurikulum pendidikan. Setiap siswa memperoleh ilmu tentang TIK agar dapat bersaing di dunia global.

Tidak ada komentar: